8 Prinsip yang Mempengaruhi Calon Pembeli

Diposting pada

Hari ini saya akan membagikan 8 Prinsip yang Mempengaruhi Calon Pembeli diambil dari hasil penelitian Robert Cialdini, dalam bukunya The Psychology Influence of Persuasion.

Saya akan membagikan yang versi sederhana dari buku Hypnowriting karya guru copywriting saya Darmawan Aji ,8 prinsip ini bisa Anda gunakan dalam isi promosi Anda sehingga bisa lebih efektif lagi menghasilkan closing.

Oke saya sebutkan dulu yah 8 prinsipnya..

1. Reason (Alasan)
2. Social Proof (Bukti Sosial)
3. Liking (Suka)
4. Authority (Otoritas)
5. Reciprocity (Timbal Balik)
6. Commitment (Komitmen)
7. Scarcity (Kelangkaan)
8. Attribution (Pelabelan)

Sip, kita mulai bahas satu persatu yah

1. Reason (Alasan)
Untuk melakukan sebuah tindakan, setiap orang memerlukan sebuah ALASAN Termasuk dalam aktifitas jual beli, oleh karena itu dalam kalimat promosi Anda selalu berikan alasan mengapa mereka harus membeli produk Anda.

Contoh :
Daftar sekarang karena promo berakhir hari ini
Produk ini telah terbukti efektif karena 1250 orang sudah merasakan kepuasannya

2. Social Proof (Bukti Sosial)

Dalam teori psikologi, ternyata banyak orang melakukan sesuatu karena ikut-ikutan yang lain. Contohnya Anda lebih memilih tempat makan yang ramai dibanding yg sepi, atau menghampiri toko yang penuh pembeli. Karena asumsi orang-orang ketika ramai, atau yg berkerumun berarti kualitasnya baik, dan mereka merasa aman karena ada orang lain melakukan hal sama.

Dalam promosi juga Anda bisa gunakan strategi ini dengan menunjukkan data jumlah pembeli, testimoni, endorse dll

3. Liking (Rasa Suka)
Rata-rata orang membeli di tempat atau di orang yang mereka sukai Bisa dari teman, tetangga, atau bahkan idola, bisa juga dari penjual yg ramah, perhatian, dan baik.
Nah untuk meningkatkan penjualan Anda, jadilah penjual yang disukai Dengan cara rutin berinteraksi, gunakan bahasa sesuai target market, dan buat mereka mengenal Anda dengan baik.

4. Authority (Otoritas)
Kata-kata dari orang yang memiliki otoritas lebih tentunya akan lebih berpengaruh daripada tidak, mereka akan lebih dipercaya sehingga mengurangi keraguan calon pembeli saat memberikan penawaran.

Oleh karena itu bangunlah otoritas Anda sendiri dengan personal branding, kuncinya belajar, praktek dan rutinkan sharing Anda juga bisa gunakan otoritas orang lain dengan endorse, testimoni ahli, hasil uji, sertifikasi dll.

5. Reciprocity (Timbal Balik)
Orang Indonesia khususnya memiliki kultur baik yang bernama balas budi Ketika diberi, maka orang akan cenderung ingin memberi balik Oleh karena itu jika Anda ingin menerima pembelian dari calon pembeli, maka awali dengan memberi sesuatu.

Bentuknya bisa dalam berbagai konsep, bisa reward, giveaway, sharing, bonus, tester, preview dll

6. Commitment (Komitmen)
Setiap dari kita memiliki keinginan untuk berkomitmen pada suatu hal, sehingga jika orang tersebut sudah berkomitmen di awal dengan Anda maka seterusnya ia akan lebih mudah melakukan komitmen yg lain Teknik yang bisa gunakan adalah teknik yes set, yaitu dengan mengajukan pertanyaan yg jawabannya ya, ya, ya maka permintaan yg ketiganya pun akan ya juga Bisa juga Anda memberikan penawaran bertahap mulai dari produk gratis, lalu yg murah dan baru ke yg mahal.

7. Scarcity (Kelangkaan)
Sudah menjadi lazim sesuatu yang langka menjadi hal yang berharga Dan banyak orang yang kemudian segera melakukan sesuatu sebelum kehilangan mendapatkan produk tersebut.
Ini bisa digunakan pada tiap promosi Anda dengan membatasi jumlah atau waktu promosi yang berlangsung.

8. Attribution (Pelabelan)
Banyak orang yang senang jika dikategorikan dengan tipe tertentu. Ada juga yang senang jika dimasukkan ke dalam kelompok tertentu yang ia senangi.

Contoh jika seseorang melabelinya dirinya sebagai fans klub sepakbola tertentu, tentunya akan sulit untuk menolak jika ada yg menawarkan baju klub tsb Anda juga bisa menggunakan label ini untuk diasosiasikan dengan produk Anda, tentunya harus disesuaikan dengan produk.

Misal:
Hai Cantik, baju ini sangat cocok untuk kamu pakai rekreasi bersama kawan Halo Bunda shalehah, yuk miliki koleksi buku parenting islami ini

Nah makin kebayang kan sekarang bagaimana membuat promosi yg berpengaruh? Semoga bisa meningkatkan closing Anda lebih banyak lagi yah,..

Dapatkan info dan update terbaru langsung antar alamat Email GRATIS dengan cara subscribe via form yang tersedia, jika ada konten atau link yang tidak bisa diakses. Silahkan laporkan via kontak atau respon cepat via whatsapp, tekan tombol chat sekarang.
Abdul Wahid
Perkenalkan nama saya Wahid pemilik blog ini, disini saya akan berbagi seputar tips & trik, tutorial, internet marketing, produk creator, bisnis online dan hal yang menarik lainnya. Saya juga sering berbagi amunisi bisnis Gratis, silahakn like FP Facebook saya.