Cara Mendapatkan Ribuan Target Market

Diposting pada

Anda dapat mendapatkan ribuan target market menggunakan berbagai media dan beberapa strategi. Untuk media yang digunakan akan dibahas di bab berikutnya, kali ini kita akan membahas strateginya.

Ada dua strategi yang bisa Anda terapkan untuk mendapat banyak target market. Yaitu cara Aktif dan cara Pasif, untuk lebih jelasnya kita akan bahas satu persatu yah:

1. CARA AKTIF MENAMBAH TARGET MARKET

Sekarang sudah gak zaman jualan itu nunggu pembeli datang, apalagi dengan banyaknya pesaing dengan pesona ratusan promo yang mereka miliki. Jika hanya menunggu prospek datang sendiri ke jualan Anda, sudah dipastikan akan kalah saing dengan yang lain.

Maka yang harus Anda lakukan adalah dengan menjemput bola, undang mereka datang dan masuk ke dalam media yang telah Anda persiapkan. Jika market sudah berada di jangkauan tangan, maka akan lebih mudah Anda closing-kan.

a. Tambahkan pertemanan atau pengikut di Sosial Media

Hal yang paling mudah Anda lakukan adalah dengan memaksimalkan sosial media Anda, Facebook atau Instagram Anda bisa menambahkan pertemanan atau pengikut. Tentu saja harus tertarget, sesuai dengan produk yang Anda pasarkan.

Anda dapat memaksimalkan Facebook Personal dengan menambahkan pertemanan sampai mentok 5000 Friends. Sedangkan untuk Instagram Anda bisa menambah lebih banyak lagi follower, strateginya bisa dengan follow to follow setelah beberapa saat lalu unfollow. Lakukan cara tersebut secara bertahap dan rutin setiap hari hingga tembus ribuan.

b. Menambahkan Kontak Handphone atau Email

Database yang paling awet digunakan adalah nomor handphone dan alamat email, setiap dari Anda pasti memiliki 1 nomor dan 1 email yang menjadi default, atau utama.

Jika Anda bisa memiliki 2 data itu dari prospek Anda, maka akan lebih mudah menghubungi prospek melalui media yang terhubung dengan 2 data itu.

Anda bisa menggunakan berbagai macam leads magnet untuk mendapatkan data tersebut, seperti e- book, video, kupon diskon, produk gratis dan lain sebagainya. Sebarkan leads magnet di berbagai media yang Anda miliki. Setiap orang yang berminat, bisa menukarkan kontak mereka dengan leads magnet Anda. Pelajari disini, cara membangun listbuilding.

c. Menyebarkan kontak atau link channel

Agar semakin banyak orang yang masuk ke dalam jaring prospek Anda, maka sering-seringlah mencantumkan kontak atau link channel di setiap postingan Anda.

Misalnya ketika Anda membuat postingan di facebook, Anda bisa mencantumkan link channel telegram atau website toko online Anda. Bisa juga saat membuat caption produk untuk instagram, Anda bisa menambahkan info nomor whatsapp untuk dihubungi.

2. CARA PASIF MENAMBAH TARGET MARKET

Jika sebelumnya saya membahas tentang cara aktif untuk memperoleh target market, kini saya akan membahas cara pasif-nya. Kenapa saya sebut pasif, karena menggunakan cara ini Anda tak perlu menambahkan target market, tapi mereka akan datang sendiri ke kolam Anda.

Mau tau dong gimana caranya? Silahkan simak-simak beberapa caranya dibawah ini yah ^_^

a. Perkuat Personal Branding

Seperti dokter yang nggak nyari-nyari pasien atau tukang tambal ban yang justru dicari-cari yang memerlukan, begitulah pengaruh sebuah branding. Anda justru akan dicari-cari oleh para target market sendiri.

Branding bukanlah hal yang serta merta diperoleh dengan instan, melainkan perlu proses yang membutuhkan kekonsistenan. Sekalinya sudah terbentuk, siap-siap jadi tempat orang merujuk.

Strateginya tentukan branding, kuasai ilmunya, setelah itu terapkanlah pada kegiatan sehari-hari.

Setelah melakukan kesemuanya secara konsisten, Anda akan memiliki personal branding yang sangat kuat. Apalagi telah didukung dengan kompetensi yang mumpuni. Lalu ditunjukkan dengan karya asli bukan hanya sekedar omongan tanpa bukti. Orang-orang sendiri akan menghampiri Anda tanpa harus dimintai lagi.

b. Sering Sharing-Sharing

Personal Branding Anda boleh jadi sudah kuat, tapi untuk mendapatkan lebih banyak target market lagi, Anda perlu melakukan hal yang lain. Salah satunya adalah dengan sering sharing-sharing.

Hitung-hitung Anda membagi kompetensi yang dimiliki. Berbagi manfaat bagi khalayak ramai, Anda juga tengah mempromosikan branding Anda sendiri.

Sosial media salah satunya, media yang tepat untuk membangun personal branding dan sharing-sharing. Selain penggunanya banyak, ada banyak fitur-fitur yang akan membantu Anda dalam banyak hal. Seperti menambahkan kesan visual, live video, share artikel dll.

c. Aktif Interaksi

Beberapa survey atau penilitian membuktikan jika, banyak calon konsumen membeli bukan karena produknya. Akan tetapi karena kenal dengan penjualnya. Jadi termasuk hal yang penting juga untuk membangun komunikasi dengan mereka.

Jika komunikasi telah terjalin, mereka tak akan segan memberikan Anda database yang diperlukan. Jangankan itu, Anda berikan iklan pun mereka takkan keberatan. Bahkan menjadi yang pertama melakukan pembelian.

Asyikkan? ^_^

Sekali lagi saya tekankan kuncinya untuk mendapat ribuan target market adalah KONSISTEN. Anda harus rutin melakukan penambahan baik dengan cara aktif maupun cara pasif. Bahkan saya menyarankan sekali agar penambahan target market ini harus masuk agenda rutin mingguan Anda. Targetkan berapa jumlah prospek harus bertambah setiap bulannya, terus monitor dan evaluasi hasil pencapaiannya.

Semoga dengan melakukan hal itu semua, Anda tidak akan pernah kehabisan pembeli lagi. Sehingga Sejuta Sehari dari Jualan Online menjadi hal yang sangat mudah dilakukan. Syaratnya, Anda harus memiliki ribuan target market dalam kolam prospek Anda. Siap untuk Action? 🙂

Dapatkan info dan update terbaru langsung antar alamat Email GRATIS dengan cara subscribe via form yang tersedia, jika ada konten atau link yang tidak bisa diakses. Silahkan laporkan via kontak atau respon cepat via whatsapp, tekan tombol chat sekarang.
Abdul Wahid
Perkenalkan nama saya Wahid pemilik blog ini, disini saya akan berbagi seputar tips & trik, tutorial, internet marketing, produk creator, bisnis online dan hal yang menarik lainnya. Saya juga sering berbagi amunisi bisnis Gratis, silahakn like FP Facebook saya.